Percaya atau tidak, ada beberapa pengelola SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) yang sengaja mengurangi takaran. Dengan berbagai teknologi dan kepiawaian, mereka mengelabui konsumen dengan tujuan untuk mendapat keuntungan yang sebanyak-banyaknya.
Untuk itu, para bikers disarankan agar lebih berhati-hati dan diminta lebih jeli setiap kali mengisi BBM di SPBU. Selain harus jeli, para pengendara juga dituntut untuk memahami sifat dari bensin itu sendiri. Maksudnya, ada waktu-waktu terbaik kita mengsisi BBM agarmendapatkan takaran yang maksimal. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengisi BBM di SPBU.
Isi bensin di pagi hari Para bikers disarankan untuk membeli/mengisi BBM di pagi hari atau subuh ketika temperatur tanah masih dingin. Biasanya,semua SPBU mempunyai tangki penyimpanan bensin di dalam tanah. Semakin dingin temperatur tanah akan membuat densitas (tingkat cair) bensin semakin baik. Pada kondisi ini, ukuran satu liter bensin, misalnya, akan benar-benar utuh satu liter.
Hindari mengisi bensin siang hari Sebaliknya, ketika temperatur atau suhu udara semakin panas, bensin akan mengembang. Sehingga ketika membeli bensin di siang atau sore hari, jumlah cairan bensin di kendaraan kita tidak benar-benar satu tangki.
Di dalam bisnis SPBU, pengaturan grafitasi bumi, temperatur dari BBM mendapat perhatian yang penting. Kenaikan suhu udara satu derajat saja, memiliki pengaruh yang sangat besar dalam bisnis ini. Atur Kecepatan aliran pipa bensin Ketika mengisi BBM, jangan memilih mode fast (cepat). Mintalah pada petugas untuk mengisinya dengan pelan-pelan (low). Proses pengisian BBM ke tangki biasanya mempunyai tiga tingkatan, lambat, sedang, dan cepat. Inf bisa dikontrol dari gagang kran pengisian.
Pada mode lambat, berarti kita mengatur aliran bensin dalam kecepatan rendah, sehingga meminimalisasi terjadinya penguapan saat bensin dipompa. Semua gagang keran bensin mempunyai saluran untuk fnenghisap uap {vapor return). Jika kita memompa pada kecepatan tinggi, maka ada bagian cairan bensin di tangki yang menjadi uap. Uap bensin itu akan dihisap oleh ujung keran pipa pompa dan dikembalikan ke tangki penyimpanan di dalam tanah.
Dengan demikian jumlah bensin yang kita beli jadi berkurang. Isi bensin saat tangki berisi setengah Ini sangat penting. Karena, semakin banyak gas di dalam tangki motor, maka udara yang ada semakin sedikit. Bensin dapat menguap lebih cepat dari yang kita bayangkan.Tangki penyimpanan pom bensin memiliki atap mengapung di dalamnya(/nterna/ floating roof). Atap ini selalu mengapung di permukaan bensin dan menghi-langkan gas yang ada di udara dalam tangki penyimpanan, sehingga bisa meminimalkan penguapan.
Jangan mengisi BBM jika pom sedang diisi Sebaiknya, pengendara tidak mengisi bensin ketika truk tangki mengisi pom tersebut. Sebab ketika tangki penyimpanan diisi, maka ada uap (gas) yang ikut terbawa, dan kotoran yang ada di dasar tangki bisa terangkat ke atas dan masuk ke dalam kendaraan Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar